Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan jauh.Terutama dari faktor pengemudi dan kondisi kendaraan yang anda gunakan. Berkendara jarak jauh tentunya akan rawan terjadi apabila anda tidak mengetahui cara yang aman dalam berkendara. Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan agar anda dapat dengan nyaman dan aman mengemudi dalam perjalanan yang jauh.

Memeriksa Kondisi Kendaraan
Pertama kali yang perlu anda lakukan ketika berencana untuk melakukan perjalanan jauh adalah memeriksa kondisi kendaraan yang anda gunakan. Kondisi kendaraan yang baik tentunya menjadi faktor penting yang akan membuat perjalanan anda menjadi nyaman dan aman. Berikut beberapa bagian komponen mobil yang perlu anda periksa sebelum melakukan perjalanan jauh :
1. Oli messin
2. Air radiator dan air reservoir
3. Kipas Pendingin
4. Filter dan Selang Bensin
5. Timing Belt
6. Filter Udara
7. Aki mobil
8. Rem Mobil
9. Ban Mobil
10. Lampu mobil
11. Wipper Kaca Mobil

 

Karena anda akan melakukan perjalanan jauh, tentunya kondisi fisik akan menjadi suatu hal yang sangat penting. Berikut beberapa referensi dari pengalaman kami yang diharapkan bermanfaat bagi Anda:

1. Posisi menyetir
Pastikan mendapat posisi duduk mengemudi yang membuat Anda nyaman dalam berkendara.

2. Fokus
Pastikan Anda senantiasa memperhatikan situasi sekeliling kendaraan secara kontinyu (fokus utama tetap ke depan), khususnya saat ingin berpindah lanjur atau melakukan deselerasi (mengurangi kecepatan kendaraan). Hal ini penting untuk memantau kendaraan di sekeliling Anda, atau dalam jarak yang aman dari kendaraan lain yang melaju di belakang Anda.

3. Jaga Jarak
Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan saat berakselerasi. Hal ini kami anggap penting untuk mendapat jarak pengereman maksimum, jikalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di depan.

4. Istirahat yang cukup
Lebih baik jika anda beristirahat dengan cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Istirahat yang cukup akan membuat badan anda tidak akan merasa lemas dan ngantuk ketika mengemudi. Jika anda terasa lemas dan mengantuk, tentunya hal ini akan mempengaruhi kosentrasi anda ketika mengemudi. Bila anda merasa mengantuk dalam perjalanan, anda dapat beristirahat terlebih dahulu di rest area yang tersedia.

5. Mengkonsumsi suplemen
Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen ataupun minuma energi yang dapat membuat anda lebih berenergi.
Jika Anda mulai lelah dalam berkendara, kami menyarankan jangan memaksakan untuk terus mengemudi. Carilah rest area terdekat untuk beristirahat sejenak.

Tips Ketika Akan Melakukan Perjalanan Jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *