Perlu diketahui rambu-rambu lalu lintas bukan hanya sebatas pada palang rambu saja. Hal yang sering diabaikan adalah garis putih dan kuning yang berada di tengah jalan . Sering kali kita berkendara melihat pada persimpangan terdapat garis kotak kuning tebal yang membatasi 4 kaki persimpangan.

Kotak kuning ini disebut Kotak Kuning persimpangan atau Yellow Box Junction. Marka Kotak Kuning adalah Marka Jalan berbentuk segi empat berwarna kuning yang berfungsi melarang kendaraan berhenti di suatu area.

Garis putih marka jalan berwarna putih menyatakan bahwa pengguna jalan wajib mengikuti perintah atau larangan sesuai dengan bentuknya.Garis tersebut (Yellow Box Junction) bukanlah sekadar pembatas jalan, melainkan memiliki maksud untuk mengamankan pengendara saat melintas.

Kemudian garis putih tanpa putus, biasanya garis ini berada di tengah jalan tikungan atau pada tengah jembatan. Garis putih tanpa putus seperti ini ditujukan kepada pengendara untuk tidak mendahului kendaraan lain. Pengendara diwajibkan untuk berada tetap di jalur masing-masing.

Itulah beberapa arti garis kuning dan putih di jalan raya yang wajib Anda ketahui untuk menjamin keselamatan berkendara Anda dan pengendara lain. Kontrol penuh terhadap kendaraan tetap yang paling utama.

Kotak Kuning Persimpangan atau Yellow Box Junction

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *