Kebaradaan airbag atau kantung udara adalah suatu hal yang biasa kita ketahui, karena memang dibenamkan pada mobil masa kini. Airbag merupakan fitur keselamatan yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang jika terjadi kecelakaan.

Airbag memiliki berbagai nama teknis seperti Supplementary Restraint System (SRS), Air Cushion Restraint System (ACRS), dan Supplemental Inflatable Restraint (SIR).

Penggunaan airbag berfungsi untuk melindungi kepala, leher dan dada. Oleh karena itu, airbag diterapkan pada bagian lingkar kemudi untuk supir dan dashboard di hadapan penumpang depan.

Ketika kepala pengemudi telah mengenai airbag, airbag mulai mengempis perlahan sehingga memungkinkan pengemudi keluar dari mobil. Namun airbag saja belum memadai, pengemudi dan penumpang tetap diharuskan untuk mengenakan sabuk pengaman.

Hal ini disebabkan karena airbag terutama dimaksudkan untuk melindungi kepala pengemudi dari benturan saat terjadi tabrakan. Sistem bekerja airbag adalah ketika terjadi tabrakan keras terdeteksi, sensor mobil langsung mengirimkan sinyal supaya airbag mengembang.

Umumnya, airbag akan mengembang dari setir (roda kemudi) atau dari dashboard beberapa milidetik setelah terjadi tabrakan (300 kilometer per jam). Pada beberapa mobil, ketika kecepatan melewati 200-300 mil per jam, airbag otomatis akan keluar meski tidak ada tabrakan.

Aturan yang sama berlaku untuk airbag yang dipasang di sisi mobil. Airbag akan aktif saat mobil terkena benturan pada sudut tertentu. Airbag yang dipasang di sebelah kiri tidak akan mengembang jika tumbukan ada di sisi kanan, begitu pula sebaliknya.

Banyak yang salah paham, bahwa airbag berfungsi untuk menghentikan tubuh kita terlempar ke depan setelah tabrakan. Airbag sebenarnya dimaksudkan untuk melindungi kepala pengemudi, serta menghentikan kepala agar tidak terbentur setir/kemudi. Yang dapat menghentikan tubuh kita terlempar ke depan setelah tabrakan adalah seat belt.

Posisi airbag itu sendiri tergantung tipe mobilnya, ada yang hanya terpasang di bagian depan (pengemudi dan asisten) dan ada juga yang terpasang sampai ke bagian penumpang (front, side, dan curtain airbag).

Jika berencana untuk membeli mobil, pastikan memilih mobil yang dilengkapi dengan airbag (kantong udara) untuk pengemudi sekaligus penumpang.

Banyak Fakta Tentang Airbag yang Jarang Kita Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *