Aki adalah salah satu bagian dari kendaraan yang sangat penting baik itu motor ataupun mobil. Karena aki berfungsi untuk menyalurkan daya listrik ke bagian yang lain nya seperti starter, lampu, klakson dan lain nya.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang menganggap komponen ini kurang begitu penting dan bahkan ada yang tidak pernah mengeceknya sama sekali. Padahal Aki harus selalu dilakukan perawatan khusus supaya tetap awet dan bisa bertahan lama.

Ciri-ciri aki sudah mulai bermasalah adalah cahaya dari lampu depan yang dihasilkan tidak terang sama sekali, lalu terkadang saat melakukan starter tidak mau mengangkat dan bahkan sering gagal.

Jika sudah terlambat dan terlanjur soak, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah harus menggantinya dengan yang baru dan harganya pun tidak murah.

Ada banyak faktor kenapa aki bisa cepat tekor yaitu mulai dari jarang dilakukan perawatan hingga penggunaan yang salah.

Berikut ada beberapa tips supaya aki tetap awet yang bisa anda lakukan, supaya tetap terjaga kualitasnya dan yang paling penting membuat anda menjadi nyaman saat menggunakannya.

  1. Memeriksa Jumlah Elektrolit Aki

Hal ini sangat mudah di lakukan , pada dasarnya anda hanya melakukan pemeriksaan selama satu bulan sekali. Bila aki berkurang atau berada di bawah garis low level maka itu menandakan bahwa garis yang sudah berada di low berarti elektrolit aki sudah berkurang dan membutuhkan tambahan air aki.

 

  1. Bersihkan Aki Secara Berkala

Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki. Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki adalah dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

 

  1. Memanaskan Mobil

Apabila anda jarang menggunakan mobil untuk bepergian maka anda juga harus tau cara merawat aki mobil anda dengan cara memanaskan mobil setiap hari, walaupun tidak akan anda gunakan untuk pergi. Karena pada dasarnya semua aki mobil akan mengalami self discharge karena kapasitas aki akan berkurang walaupun mobil tidak di gunakan.

 

  1. Pastikan Ketersediaan Listrik Pada Aki (Khusus Aki Kering)

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil Anda. Saat Anda merasa mobil sudah mulai sulit dinyalakan maka ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki mobil Anda sudah mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil Anda.

  1. Menghidupkan Mesin saat tidak ada beban

Hindari menghidupkan beban – beban yang berat saat ingin menghidupkan mesin mobil, seperti lampu utama, tv, radio dan lain sebagainya. Apabila mesin dalam keadaan mati dan mesin mati dalam jangka yang lama maka kapasitas baterai akan terkuras dan lama – lama aki mobil anda akan tekor dan tidak akan mampu untuk melakukan stater. Maka periksalah pada sistem pengisiannya.

 

  1. Tune Up secara Rutin

Selain dari yang sudah di jelaskan di atas maka cara lain untuk merawat aki kendaraan mobil adalah dengan melakukan secara rutin tune up. Karena pada umum nya jika saat anda melakukan tune up, baterai atau aki mobil jumlah elektrolitnya akan diperiksa, kondisi terminal aki juga akan di periksa. Aki adalah vital bagi kendaraan sehingga menmang diharuskan untuk di rawat agar bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak.

6 Tips Mudah Melakukan Perawatan Aki Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *