Pengendara mobil dengan transmisi manual kerap tak menyadari kebiasaan buruk, yaitu kaki kiri yang selalu menempel di pedal kopling saat melaju atau dalam kemacetan. Padahal, hal tersebut memiliki efek buruk terhadap kinerja kopling itu sendiri.

Karena disaat kaki menempel, tekanan minyak kopling sudah bekerja dan menekan cover kopling ke kampas kopling, sehingga terjadi gesekan antara kampas dengan flywheel. Efeknya, kopling bisa cepat aus.

Jika kampas kopling bermasalah akan sangat berpengaruh pada mobil. Kopling adalah salah satu komponen transmisi manual. Oleh karena itu anda wajib mengetahui dan merawat kampas kopling mobil anda sebagai bagian dari mobil anda.

Banyak gejala yang bisa menjadi ciri bahwa kampas kopling mobil anda mengalami kerusakan atau habis sehingga anda wajib melakukan pergantian.

  1. Berbau Hangus

Jika anda melalui jalanan yang memiliki tanjakan yang agak menantang dan anda mencium bau tak sedap dari mesin, itulah pertanda bahwa kampas kopling anda sudah harus diganti. Bau itu seperti bau karet yang terbakar.

  1. Akselerasi Lemah

Tidak hanya mengeluarkan bau hangus tetapi akan ada gejala tambahan berupa pergerakan akselerasi yang lemah pada saat menginjak pedal gas. Dimana mobil anda hanya akan meraung keras tetapi tidak bertenaga.

  1. Pedal Kopling Tinggi

Ciri ini hanya bisa dirasakan jika anda menjadi pengemudi. Bisa dirasakan saat anda menekan kopling dan perlu waktu lama untuk melepas kopling, serta terlalu tinggi dari biasanya. Karena pada umumnya kopling akan bekerja jika diangkat secara sewajarnya

  1. Tidak Bisa Oper Gigi

Ini adalah salah satu tanda fatal bahwa kampas kopling anda sudah benar-benar habis dan ini sangat membahayakan jika anda membawanya karena bisa merusak komponen lain dan biaya perbaikan akan lebih mahal.

  1. Suara Menggerung Ketika Menginjak Kopling

Ketika anda menginjak pedal kopling kemudian mengeluarkan suara yang gemuruh. Ketahuilah bahwa hal itu tidak wajar. Selain sebagai tanda bahwa kampas kopling anda habis, juga sudah merembes ke dekrup koling mobil dan ada harus menanggung biaya pergantian kampas dan dekrup kopling anda sekaligus.

Itulah sedikit informasi mengenai ciri-ciri kampas kopling mobil yang sudah habis. Segeralah lakukan perbaikan jika kampas kopling anda mengalami tanda-tanda yang sudah dijelaskan tadi.

Dengan mengetahuinya sejak dini, kita dapat  menghindari sesuatu yang lebih buruk pada mobil kita.

5 Gejala Bahwa Kopling Mobil Anda Sudah Habis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *